Warta Unimof-Musibah erupsi gunung lewotobi tidak saja tanggungjawab pemerintah daerah, namun semua pihak juga turut berperan dalam membantu evakuasi masyarakat terdampak dan membantu dalam pemenuhan kebutuhan pengungsi selama di camp pengungsian.

Rektor Universitas Muhammadiyah Maumere Erwin Prasetyo, ST., M.Pd membentuk relawan mahasiswa, dosen dan pegawai untuk membantu menangani trauma anak sekolah terdampak letusan Gunung Lewotob di lokasi pengungsian di Kabupaten Flotim NTT. Kini, sedikit demi sedikit mahasiswa dan dosen serta tenaga pendamping akan diperkenalkan selama 3-6 hari.

Para ahli termasuk BPBD Sikka memberikan pelatihan yang tepat kepada mahasiswa, dosen dan staf pendamping. Sehubungan dengan itu, Rektor membuka resmi konferensi informasi bagi para relawan pendidikan dan turut serta dalam pelepasan relawan kelompok pertama ke lokasi pada Rabu, 1 Oktober 2024, di halaman rumah Rektor.

Rektor menyampaikan, aksi tersebut merupakan bantuan kemanusiaan, bagian dari respon membantu korban bencana lainnya. “Ini membuka wawasan kita, jangan sampai kita tidak bereaksi. Kita membantu sesama karena ini adalah visi kemanusiaan dan bagian dari pengabdian kepada masyarakat.” dia berkata.
Rektor juga mengajak para mahasiswa untuk belajar membantu sesama, ikut serta dalam bencana dan fokus membantu anak-anak. “Sekolah tutup, anak-anak tidak bersekolah. Anak-anak butuh pengobatan trauma,” ujarnya.

Pada semester 1, 3, dan 7, terdapat 235 mahasiswa dari berbagai program studi yang mengikuti kegiatan kerelawanan pendidikan ini, yang ingin melakukan kerelawanan pendidikan dan mendapat izin dari orang tuanya. siapa Anggota relawan diterjunkan secara bertahap sambil terus memantau kondisi letusan Gunung Lewotob dan mempertimbangkan pertimbangan keselamatan. Siswa sebagai pelatih relawan dapat diakui nilainya dalam PLP 1 dan kursus kepanduan.

Sebelumnya Rektor Universitas Muhammadiyah Maumere sempat mengunjungi dan membantu kebutuhan para pengungsi beberapa waktu lalu serta mendirikan Unimof Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) di lokasi pengungsian. Donatur yang ingin memfasilitasi kebutuhan masyarakat pengungsi dapat langsung menghubungi kampus Unimof di distrik Sika atau kantor MDMC Unimof di kamp pengungsi distrik Flotim.

Silakan Kunjungi Kami di:https://unimof.ac.id/

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *