filter: 0; fileterIntensity: 0.0; filterMask: 0; captureOrientation: null; brp_mask:0; brp_del_th:null; brp_del_sen:null; delta:null; module: photo;hw-remosaic: false;touch: (0.2261113, 0.6027086);sceneMode: 2;cct_value: 0;AI_Scene: (-1, -1);aec_lux: 0.0;aec_lux_index: 0;albedo: ;confidence: ;motionLevel: -1;weatherinfo: null;temperature: 40;

Warta Unimof — Kegiatan Masa Ta’aruf dan Baitul Arqam (Mataba) Universitas Muhammadiyah Maumere (Unimof) tahun 2024, sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Panitia Mataba, kembali hadir dengan tema “Membangun Karakter dan Kewirausahaan untuk Masa Depan Generasi Emas Muhammadiyah.” Acara ini diadakan di Aula Lt 3 Gedung Amin Rais Unimof tanggal 9 hingga 14 September 2024 dan dihadiri oleh BPH Unimof, Wakil Rektor II, Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi, Biro, Lembaga/Unit, serta mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, .

Mataba 2024 bertujuan untuk memperkuat karakter dan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa Muhammadiyah. Kegiatan ini terbagi menjadi dua kegiatan, masa ta’aruf atau pengenalan lingkungan akademik kampus dan baitul arqam atau pengenalan lingkungan persyarikatan Muhamammadiyah.

Kegiatan Mataba di buka langsung oleh Rektor Unimof, Erwin Prasetyo, ST, M. Pd. Dalam sambutannya, Rektor menekankan pentingnya mahasiswa memiliki karakter atau akhlak mulia dan jiwa wirausaha sebagai generasi saat ini dalam membentuk masa depan yang lebih baik.

Rektor juga menekankan pentingnya pengembangan diri. ” Dengan globalisasi ini, banyak perusahaan asing masuk dan bersaing dengan kita. Maka kurikulum kita sekarang dipersiapkan untuk memiliki kemampuan lebih, bukan sekadar sarjana. Ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa, berpikir kritis dengan keadaan, berpikir kreatif/kreasi dengan pengembangan, kolaborasi dengan membangun kerjasama, komunikatif dengan membangun jaringan luas sampai internasional. Tuntutan era revolusi Industri semakin berat, maka mahasiswa tidak boleh santai dalam studi, masa studi 4 tahun, harus punya target dan karya-karya yang unggul.”Jelasnya.

Berbagai sesi workshop, seminar, dan pelatihan kewirausahaan dipresentasikan oleh para ahli, pengusaha dan praktisi berpengalaman. Topik-topik yang dibahas meliputi kepemimpinan, pengembangan diri, dan strategi bisnis/kewirausahaan, sistem akademik berbasis IT, kemuhammadiyahan martikulasi prodi, fakultas hingga UKM kampus. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung pemateri dan mendapatkan wawasan praktis tentang dunia usaha.

Acara ini juga menghadirkan calon-calon pemimpin yang berkompetisi di pilkada 2024 untuk memberikan materi atau kuliah umum kepada peserta mataba sebagai bentuk pendidikan politik dalam memimpin daerah khususnya nian tanah Sikka dan NTT secara umum.

;

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *